Manfaat Daun Kelor atau Moringa Oleifera bagi Kesehatan

Daun kelor atau dengan nama latin Moringa Oleifera ternyata memiliki banyak khasiat untuk Kesehatan.

Tanaman yang berasal dari India dan tumbuh di negara tropis dan subtropis lainnya, seperti Indonesia.

Selain bisa diolah menjadi makanan ternyata sejak ratusan bahkan ribuan tahun lalu, daun kelor telah digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi banyak penyakit.

Daun kelor dipenuhi oleh antioksidan, yakni zat yang dapat membantu mencegah kerusakan sel. Antioksidan yang dimiliki daun kelor juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sejak ratusan, bahkan ribuan tahun lalu, daun kelor telah digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi banyak penyakit. Dahulu, daun kelor umum digunakan untuk mengobati:

– Diabetes;

– Radang yang tak kunjung sembuh;

– Infeksi bakteri, virus, maupun jamur;

– Nyeri pada sendi;

– Penyakit jantung;

– Kanker.

Pada kenyataannya, tanaman ini mengandung banyak vitamin dan mineral yang krusial bagi tubuh. Daunnya mengandung vitamin C, tujuh kali lebih banyak dibandingkan jeruk; dan kalium lima belas kali lebih banyak dari pisang.

Selain itu, daun kelor juga menyimpan protein, kalsium, zat besi, dan asam amino—sehingga berguna untuk menyembuhkan jaringan dan membentuk otot.

Selain itu, daun kelor dipenuhi oleh antioksidan, yakni zat yang dapat membantu mencegah kerusakan sel. Antioksidan yang dimiliki daun kelor juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Riset telah membuktikan bahwa antioksidan ini dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi lemak di darah maupun tubuh.

Namun, para peneliti masih terus mencari tahu bagaimana daun kelor dapat bermanfaat bagi manusia dan menjadi obat untuk beberapa penyakit. Adapun beberapa penelitian yang telah ada membuktikan bahwa daun kelor memiliki khasiat untuk:

1. Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis merupakan penyakit autoimun yang dapat menyebabkan nyeri sendi di seluruh tubuh. Ekstrak daun kelor dapat mengurangi bengkak, kemerahan, dan nyeri yang dirasakan akibat sendi yang meradang.

BACA JUGA  Cara Memilih Furniture Yang Tepat Untuk Kamar Tidur

2. Diabetes

Diabetes, atau penyakit kencing manis, adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi atau di atas nilai normal. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa protein mirip insulin yang dikandung daun kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Zat-zat kimia yang ada pada tumbuhan tersebut membantu tubuh memproses gula dengan lebih baik—bahkan memengaruhi bagaimana tubuh melepaskan insulin (hormon yang mengontrol gula darah).

3. Kanker

Pada pemeriksaan laboratorium, ekstrak daun kelor dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker pankreas dan membantu kemoterapi berjalan dengan lebih baik. Pada riset lainnya, tanaman kelor memiliki efek anti kanker yang dapat digunakan sebagai bahan obat.