5 Barang Terlarang Dibawa Saat Naik Pesawat Terbang

Ternyata ada sejumlah barang yang dilarang dibawa saat naik pesawat. Jika kedapatan membawa barang-barang tersebut, maka kamu harus siap berurusan dengan petugas dan bisa-bisa malah tidak jadi berangkat atau justru berurusan dengan hukum.

Hal ini bukan terjadi karena kurang informasi tapi karena ketidaktahuan aturan di beberapa negara tertentu. Oleh sebab itu, sebelum berangkat ke negara tujuan pastikan dulu apa yang terlarang dibawa di pesawat terbang. Jika kamu terbang ke luar negeri memang lebih ketat pemeriksaannya. Tapi bukan berarti penerbangan domestik lebih renggang pemeriksaannya.

Daripada berurusan dengan pihak berwenang, lebih baik kamu hindari membawa barang-barang berikut ini saat naik pesawat terbang.

Makanan Laut dan Daging Segar

Membawa makanan laut ataupun daging segar merupakan hal yang sangat dilarang. Jadi, jika kamu terbang ke Australia jangan pernah berpikir untuk membawa rendang ataupun turunannya.

Dari beberapa kisah penumpang sebelumnya yang tidak sengaja membawa hamburger ke Australia bisa dikenakan denda hingga puluhan juta rupiah. Jadi, biasakan untuk mencari informasi penting apa saja yang boleh dan tidak boleh dibawa sesuai dengan tujuannya.

Makanan Kaleng

Makanan kaleng tentu saja memiliki kandungan yang berbeda-beda. Misalnya seperti daging, ikan hingga buah-buahan. Makanan kaleng termasuk yang terlarang dibawa terutama ke luar negeri. Paling aman jika kamu membeli makanan kaleng di negara atau destinasi tujuan. Selain itu alasan makanan kaleng dilarang karena mengandung air sehingga dikategorikan produk cair. Makanan kaleng boleh dibawa jika masuk dalam bagasi dan wajib dikemas dengan seal tertutup rapat dan ukurannya tidak boleh lebih dari 100 ml.

Durian atau Makanan Berbau Menyengat

Makanan atau buah buahan yang memiliki bau menyengat dilarang dibawa dengan menggunakan pesawat. Jika kamu ke Medan dan kepikiran untuk membawa durian sebaiknya pikirkan dua kali akibatnya.

Makanan dengan berbau menyengat tidak diperkenankan dibawa naik pesawat karena baunya berpotensi mengganggu orang lain bahkan bisa memancing keributan. Oleh karena itu, ada perlakuan khusus terhadap paket paket durian yang dibawa menggunakan jasa kargo pesawat.

Power Bank

Sejak kejadian power bank meledak saat disimpan di dalam bagasi pesawat akhirnya maskapai penerbangan ramai-ramai melarang penumpang membawa power bank. Untungnya tidak semua powerbank dilarang karena pelarangan hanya untuk powerbank dengan daya lebih dari 20.000mAh.

Sekalipun kamu membawa powerbank dengan daya dibawah aturan. Tetap tidak boleh dipergunakan ketika terbang. Powerbank kapasitas rendah diperbolehkan naik tapi tidak boleh digunakan selama terbang. Aturan ini hampir seragam diterapkan untuk pener

Minuman Beralkohol Tinggi

Untuk maskapai tertentu memang melarang penumpangnya membawa minuman beralkohol yang kandungannya lebih dari 70 persen. Apalagi minuman beralkohol juga merupakan produk cairan. Jadi, ini juga alasan mengapa di bandara kerap kali menemukan toko minuman beralkohol agar penumpang tidak perlu membawa ke dalam kabin pesawat.

Itulah beberapa barang yang dilarang dibawa terbang, Pastikan untuk melakukan persiapan sebelum terbang terutama jika terbang ke negara yang berbeda. Siapkan juga kelengkapan dokumen seperti paspor dan visa jika diperlukan.

Untuk pemesanan tiket pesawat bisa mengandalkan pinjaman cepat dari Kredivo. Kamu bisa pesan langsung dari aplikasi Kredivo untuk pembelian tiket pesawat dengan cara dicicil. Cicilannya sangat fleksibel hingga 12 bulan dengan bunga rendah mulai dari 1.99%. Pastikan menggunakan aplikasi Kredivo yang resmi untuk mengajukan pendaftaran member. Limit yang diberikan bagi member premium cukup besar hingga Rp 50 juta.