Review Harga Mac Mini M1 vs M2

Pertanyaan tentang apakah sebaiknya Anda memilih Mac Mini M2 atau M1 adalah suatu keputusan penting dalam menentukan solusi komputasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Meskipun Mac Mini M2 menawarkan kinerja yang lebih canggih dan fitur yang lebih unggul dengan harga yang lebih terjangkau, namun Anda juga dapat mempertimbangkan penawaran yang mungkin tersedia untuk Mac Mini M1 generasi sebelumnya.

Dengan desain yang hampir identik dan pilihan port yang serupa, Mac Mini M2 menjanjikan upgrade internal yang signifikan untuk desktop mini Apple dengan harga $600, serta peningkatan opsi spesifikasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Meskipun demikian menurut merah putih, Mac Mini M1 masih memiliki nilai yang layak dipertimbangkan, terutama untuk mereka yang mencari solusi komputasi yang lebih terjangkau dan sederhana tanpa kebutuhan spesifikasi yang sangat tinggi.

Ports and connectivity

Mac Mini M2 dan M1 memiliki serangkaian port yang identik dengan sebuah catatan kecil, tapi penting. Mac Mini M2 dasar dan M1 asli keduanya dilengkapi dengan dua port Thunderbolt, dua port USB 2.0, koneksi HDMI, Ethernet, dan jack headphone 3.5mm. Model M2, bagaimanapun, mendukung Thunderbolt 4 sementara M1 terkunci pada Thunderbolt 3.

Pada keduanya, Anda dapat menggunakan dua layar — hingga 6K pada 60Hz melalui koneksi Thunderbolt dan hingga 4K pada 60Hz melalui HDMI. Namun, Anda dapat menukar koneksi HDMI untuk layar Thunderbolt kedua pada Mac Mini M2, yang mendukung layar hingga 5K seperti Apple’s Studio Display. Ini adalah perubahan kecil, tetapi sangat penting untuk pengaturan multi-monitor.

Mac Mini M2 Pro memiliki beberapa keuntungan juga. Ini dilengkapi dengan dua koneksi Thunderbolt 4 tambahan, memungkinkan hingga tiga layar atau hingga satu monitor 8K tunggal. Bahkan dapat mendukung monitor 4K pada 240Hz jika Anda ingin memasangkan layar gaming seperti Samsung Odyssey Neo G8 dengan Mac Mini Anda (Anda mungkin tidak seharusnya).

Beberapa perbedaan yang lebih signifikan antara Mac Mini M2 dan M1 terletak pada konektivitas nirkabel. M1 mendukung Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.0, sementara M2 mendukung Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.3. Wi-Fi 6E penting karena secara eksklusif mendukung band nirkabel 6GHz (meskipun Anda memerlukan router Wi-Fi 6E yang kompatibel). Demikian pula, perbedaan antara Bluetooth 5.0 dan 5.3 mungkin terlihat kecil, tetapi Bluetooth 5.3 mendukung streaming multi-perangkat, codec audio low-power, dan identifikasi lokasi Bluetooth.

Performance and benchmarks

Ulasan Mac Mini M2 menunjukkan bahwa ini adalah mesin yang sangat kuat, terutama mengingat ukuran dan harganya. Namun, Apple hanya menyebarkan model M2 Pro ke pers. Ini benar-benar mengungguli M1 dalam uji benchmark, tetapi juga dimulai dari $1.300.

YouTuber Brandon Butch menguji model dasar dan menemukan bahwa M2 Pro sekitar 32% lebih cepat daripada M2 dalam uji multi-core Geekbench 5. Butch juga menyoroti SSD dalam model dasar. SSD 256GB memiliki kecepatan sekitar separuh dari model 512GB, dan Butch merekomendasikan untuk meng-upgrade SSD bahkan jika Anda memilih chip M2 dasar.

Dibandingkan dengan M1, chip M2 dasar hanya sedikit lebih cepat. Dalam pengujian multi-core, ia sekitar 12% lebih cepat, sementara dalam operasi single-core, hanya 10% lebih cepat. Ini mencerminkan kinerja yang kita lihat dengan MacBook Air M2, yang menunjukkan peningkatan kecil dibandingkan dengan model M1.

Manfaat sebenarnya adalah bahwa Mac Mini M2 memiliki akses ke M2 Pro, memungkinkannya mencapai tingkat kinerja yang jauh lebih tinggi daripada sebelumnya. Dan mengingat harga Mac Mini M2, sulit untuk membantah tambahan kinerja apa pun meskipun itu kecil.

Jadi mending Mac Mini M1 atau M2?

Tanpa ragu, belilah Mac Mini M2 sekarang juga. Ini sedikit lebih cepat, tetapi yang lebih penting, ia memperbarui beberapa area konektivitas kritis dan harganya hampir sama dengan Mac Mini M1 saat ini. Satu-satunya catatan adalah penyimpanan. Tingkatkan ke model 512GB jika Anda ingin melihat peningkatan yang signifikan.

Beli Mac Mini M2 sekarang juga di Blibli.com untuk mendapatkan peningkatan kinerja dan konektivitas yang signifikan!